Jumat, 30 September 2011

Makna Hidup Sejahtera

Makna sejahtera yaitu saat kita sudah mencapai kebebasan secara keuangan (financial freedom), yaitu ketika kita tidak perlu bekerja, tetapi segala kebutuhan keuangan kita bisa terpenuhi dari aset produktif kita, misalnya dari deposito, saham, reksadana,pensiun dan lain lain.
Apabila anda masih bekerja dan menumpukan biaya hidup dari gaji, sebenarnya anda belum tergolong sejahtera, karena jika anda kehilangan pekerjaan maka kondisi keuangan anda akan terganggu.
Sejahtera atau merdeka secara keuangan tidak bergantung pada besar aset yang kita miliki , melainkan bergantung kepada seberapa besar kebutuhan kita yang bisa di biayai oleh penghasilan pasif (passive income). Misalkan anda punya deposito dengan bunga Rp.3.000.000,- perbulan, sedangkan kebutuhan keuangan anda Rp.2.500.000,- perbulan maka anda sudah bisa disebut sejahtera.

Menjadi sejahtera tidaklah harus menjadi kaya raya, karena kebutuhan keuangan setiap orang ukurannya relatif, tergantung dari tujuan dan gaya hidup kita masing-masing.
Untuk menjadi sejahtera bukanlah mimpi, untuk mencapainya anda bisa menyesuaikan kebutuhan rutin dengan penghasilan pasif anda. Jika belum mungkin, anda bisa menjual aset tidak produktif dan memindahkan ke aset produktif. Jika masih belum memungkinkan berarti anda memang masih harus bekerja.
Bagaimana dengan orang yang berbisnis online seperti saya yang kadang dikatakan pengangguran, apakah sudah bisa dikatakan sejahtera /merdeka secara keuangan? Kalau saya ya belum, karena saya masih harus bekerja, membuat website/blog, update website,  untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Kriteria saya saat ini untuk sejahtera nggak muluk-muluk, asal sudah punya rumah 1, mobil 1, istri 1, penghasilan deposito Rp.10juta perbulan saya sudah merasa sejahtera Description: :). Semoga bisa tercapai. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar